Mau Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

  • Whatsapp

Foto ilustrasi

MEDIADEPOK.ID  – Usai masa sosialisasi, PT KAI Commuter resmi menjadikan sertifikat vaksin sebagai syarat perjalanan bagi penumpang KRL di Stasiun Bekasi, Jawa Barat pada Senin (13/9/2021) pagi.

Penumpang juga dapat menunjukan bukti telah divaksin dengan memindai barcode 2 dimensi di stasiun melalui aplikasi PeduliLindungi. Dengan berlakunya peraturan baru ini, pengguna KRL tidak lagi membutuhkan surat tanda registrasi pekerja atau STRP sebagai syarat keberangkatan.

Namun, banyak penumpang yang belum memahami penggunaan aplikasi PeduliLindungi membuat antrean penumpang yang cukup panjang hingga selasar stasiun.

Seluruh pengguna KRL diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Mekanisme yang diterapkan dengan menunjukkan sertifikat dalam bentuk cetak, digital, atau memindai barcode 2 dimensi di aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, petugas akan meminta pengguna KRL menunjukkan KTP untuk mencocokkan dengan sertifikat vaksin. Meski petugas sudah memasang barcode PeduliLindungi saat hendak masuk ke dalam stasiun. Namun, masih banyak penumpang yang belum memahami dan mengerti. Akibatnya, antrean penumpang KRL pun tidak terhindarkan dan mengular panjang hingga keluar stasiun.

Robby Salamena, penumpang KRL di Stasiun Bekasi mengatakan, awalnya dirinya sempat kesulitan untuk melakukan barcode aplikasi PeduliLindungi setelah dibantu petugas akhirnya, dirinya dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi ini, dirinya yang setiap hari menggunakan KRL merasa nyaman dan tidak perlu khawatir lagi karena penumpang yang hendak naik KRL sudah semua dilakukan vaksin.

Sementara itu, Lina, penumpang KRL lainnya mengatakan, dengan menggunakan aplikasi kasih PeduliLindungi, dirinya tidak perlu repot lagi membawa surat STRP. Selain itu, dirinya juga merasa nyaman dan merasa terlindungi karena seluruh penumpang KRL sudah dilakukan vaksinasi.

Sementara itu, guna mengantispasi penumpukan penumpang di dalam stasiun maupun di dalam KRL, petugas melakukan penyekatan untuk masuk ke dalam stasiun. Pihak PT KAI Commuter juga mengimbau kepada para pengguna KRL untuk mematuhi aturan maupun protokol kesehatan untuk kesehatan bersama mengingat saat ini masih dalam masa pembatasan kegiatan. (*)

source: Okezone

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *