SERBA SERBI

Jaga Silaturahmi, AWAN Kota Depok Audiensi Dengan Kadisdik Depok

DEPOK,mediadepok.id – Asosiasi Wartawan Nasional (AWAN) Kota Depok melakukan audiensi ke Kantor Dinas Pendidikan Kota Depok. Kedatangan AWAN Kota Depok ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan instansi pemerintahan.

Kedatangan AWAN diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan kota Depok Drs H.M.Thamrin S.sos.MM didampingi Sekdis Pendidikan kota Depok diruang kerjanya Rabu,(11/11/20) dengan penuh keakraban.

Audiensi AWAN diwakili oleh E.F.Andre T,SE sebagai Ketua, Ailando S,S.Kom Sekretaris, Ramli T Wakil Ketua, David Malau SE Koordinator Hukum dan Rima Sebagai Wakil Bendahara.

Hadirnya AWAN sebagai wadah perkumpulan insan Pers atau Wartawan di Kota Depok, disambut dan diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok H.M.Thamrin.

Dirinya menyampaikan bahwa adanya wadah atau perkumpulan Wartawan dari bebagai media, sangat dibutuhkan sebagai mitra untuk penyeimbang informasi dan menepis berita miring atau Hoax yang beredar di masyarakat.

” Kedekatan Wartawan dan Media dengan semua instansi sangat diperlukan, agar
penyuguhan berita yang dimuat sesuai dengan data dan fakta. Dinas Pendidikan sendiri sangat membutuhkan informasi dari media untuk bahan masukan dari informasi yang didapat dilapangan ”ujar Thamrin”

Kadisdik Kota Depok dalam audiensi tersebut juga menanggapi mengenai isu pungutan liar (pungli) dan sumbangan kepada para orang tua murid, yang beredar ditengah masyarakat.

“Terkait pungli dan sumbangan, Dinas sendiri tidak membenarkan hal itu, dan telah melarang para orang tua siswa untuk memberi jika ada pungutan yang tidak sesuai. Namun jika para orang tua siswa ingin memberi sumbangan secara sukarela, hal itu dikembalikan kepada pribadi orang tua atau wali murid” ungkapnya.

Mengenai seragam sekolah, saat ini pemerintah tidak memfasilitasi hal ini. Para orang tua siswa diperbolehkan membeli seragam dari luar sekolah dengan catatan sesuai aturan yang ditentukan.

Saat ini seragam yang ditetapkan oleh pemerintah kota Depok selain seragam
SD dan SMP, adalah seragam batik Depok yang disediakan dan bisa dibeli para orangtua siswa di Koperasi yang telah disediakan untuk keperluan sekolah.

Sementara terkait dengan Dana Alokasi Khusus (DAK), Kadisdik memaparkan, bahwa Pemerintah pusat memberikan bantuan lewat Kas Daerah dan langsung di transfer ke sekolah bersangkutan, sesuai progres pembangunan yang telah sedang dilakukan atau dikerjakan, dan Dinas hanya bertindak sebagai pengawas. Hal ini sesuai dengan petunjuk teknis dari Permendikbud.

“Ini sesuai dengan aturan yang ada dalam Permendikbud, tapi ada kebijakan-kebijakan yang kita buat agar semua mendapat kuota sesuai dengan zonasi berdasarkan peraturan yang berlaku” imbuhnya.

Kadisdik juga mengatakan bahwa program Dinas Pendidikan saat ini masih tetap memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Peran orang tua diharapkan menjadi pendamping bagi para siswa. Namun jangan memaksakan anak untuk belajar diluar kemampuannya, hanya demi mendapatkan nilai yang bagus, karena setiap anak punya potensi masing-masing.

“Saat ini ada kemauan anak untuk belajar saja sudah bagus, terkait dana juga banyak dialihkan untuk penanganan Covid 19 dan semoga Pandemi Covid-19 ini cepat berakhir dan siswa bisa belajar seperti biasa kembali” pungkasnya.

Ketua AWAN Kota Depok, E.F.Andre T,SE mengatakan, kedatangan ataupun kunjungan AWAN saat ini adalah untuk audiensi dan silahturahmi agar kedepannya terjalin komunikasi yang lebih baik antara instansi pemerintahan dengan para awak media.

“Kunjungan kita kali ini adalah sebagai bentuk silaturahmi untuk semakin memperkuat terjalinnya kedekatan antara instansi pemerintah di Kota Depok dan awak Media, agar kedepan kita bisa bersinergi dalam pemberitaan yang sesuai data dan fakta” ungkapnya.

DH

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Choose A Format
Gif
GIF format
Close