DEPOK, mediadepok.id – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada bulan Desember 2020 nanti, Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan kota Depok membentuk Desk Pilkada kota Depok 2020 dibawah kordinasi Lembaga Kajian Sekber Wartawan (LKSW).

Desk Pilkada ini merupakan langkah nyata peran dan fungsi pers khususnya Sekber berpartisasipasi aktif turut mensukseskan Pilkada di kota Depok

Tujuan adanya pembentukan Desk Pilkada tersebut disampaikan Ketua Presidium Sekber, Herry Budiman saat menghadiri rapat pembentukan Desk Pilkada yang digelar di jalan Caringin kota Depok pada Jumat, (19/6/2020)

“Kita harus membuat masyarakat cerdas pilkada. Mereka harus memahami profil para calon pemimpinnya dengan baik. Namun begitu media wajib netral. Jangan pilih-pilih calon untuk diekspos,” ujar Herry Budiman.

Lebih jauh Herry menambahkan peran aktif media dalam mensukseskan Pilkada salah satunya adalah dengan membantu meningkatkan partisipasi pemilih dan harus aktif mensosialisasikan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkada.

“Masyarakat harus tahu dan paham hal-hal terkait pelaksanaan Pilkada. Bangun sinergitas dengan KPU dan Bawaslu,” tandas Herry lagi.

Terpisah, Ketua KPU kota Depok Nana Shobarna menyambut baik Desk Pilkada yang dibentuk Sekber. Dirinya mengatakan apapun yang dilakukan kelompok masyarakat untuk suksesnya pelaksanaan Pilkada khususnya di kota Depok tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung.

Menurutnya, kesuksesan Pilkada tidak hanya menjadi peran penyelenggara, tapi semua stakeholder perlu terlibat. Kalau semua stakeholder dan masyarakat bahu membahu untuk mensukseskan pilkada 9 Desember 2020, kita sangat optimis pelaksanaan pilkada akan berjalan sesuai harapan, terlebih pilkada yang akan kita laksanakan ini di tengah pandemi covid-19.

“Selama niat dan tujuan dibentuknya Desk Pilkada Sekber untuk kebaikan kota Depok, bukan untuk kepentingan sesaat, bukan untuk kepentingan seseorang dan bukan untuk kepentingan golongan tertentu, maka tidak ada alasan bagi masyarakat Depok untuk tidak mendukung.” pungkas Nana melalui pesan WhatsApp.

BACA JUGA :  Covid-19, PDAM Depok Gratiskan Biaya Pelanggan

Sementara, Kordinator Desk Pilkada Sekber Putra Gara menambahkan, dengan dibentuknya Desk Pilkada ini dibawah Lembaga Kajian Sekber Wartawan (LKSW), bertujuan untuk menjaga independensi tugas jurnalis dalam pemberitaan.

“Setiap anggota Sekber akan ditugaskan ke bacalon, minimal 2-3 orang. Sehingga berita seputar kontestasi Pilkada ini anggota Sekber memberitakan semua kandidat sesuai giat bacalon, hingga mereka ditetapkan menjadi calon oleh KPU,” terang Gara.

Gara berharap semoga giat ini berjalan lancar, demi Pilkada Depok yang jujur dan adil. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here