Mediadepok.id – Jelang akhir tahun 2019, Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kota Depok menyelenggarakan Rapat Kerja 2019 dalam rangka pembahasan agenda kegiatan tahun 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Pesona Resto & Cafe, Jalan Tole Iskandar No. 44 Depok tersebut juga dihadiri pengurus dari DPP PWRI yang turut memberikan arahan agar pencapaian agenda kerja tahun 2020 dapat terealisasi secara maksimal.

Ketua panitia Raker, Agus Suyono dalam laporannya menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan Raker yang cukup singkat tetap dilaksanakan dengan mengangkat tema “Semangat Berkarya Untuk Kemajuan Bangsa”.

“Alhamdulillah dengan persiapan minim dan waktu yang juga singkat acara ini tetap bisa dilaksanakan walau sempat terjadi penundaan karena kendala teknis, tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus DPC PWRI Kota Depok dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan raker kali ini,” ujar Agus.

Ketua DPC PWRI Kota Depok, Sudrajat, dalam sambutannya mengapresiasi seluruh panitia pelaksana yang telah berupaya maksimal untuk pelaksanaan acara. “Saya bersyukur dan mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua panitia yang sudah menunjukkan semangat kebersamaannya, semoga penyelenggaraan Raker 2019 ini membuat kita semakin solid dan saling menguatkan satu sama lain sehingga apa-apa yang kita rencanakan dapat terealisasi dengan maksimal,” ujarnya.

“Ini adalah Raker perdana kita pasca dikeluarkannya SK Kepengurusan baru oleh DPP awal November lalu, Alhamdulillah kita sudah beraudiensi dengan Kesbangpol Depok dan surat resmi Kesbangpol yang menyatakan DPC PWRI Kota Depok sudah teregistrasi juga sudah kita terima. Dilanjutkan dengan audiensi dengan Diskominfo juga sudah kita lakukan dan semua diterima dengan baik, ini patut kita syukuri, semoga kedepan langkah kita akan semakin mudah,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Terduga Pencabul Anak Laki-laki di Gereja Depok Dibekuk Polisi

Sudrajat menekankan, agenda utama yang dibahas dalam raker adalah terkait persiapan pelantikan pengurus baru DPC PWRI Kota Depok yang rencananya akan diselenggarakan pada awal Februari 2020. “Kita utamakan agenda pelantikan pengurus baru sebelum melangkah lebih jauh,” tegasnya.

Sekjen DPP PWRI Zulfikar Taher, S.H, S.Pd

Sekjen DPP PWRI Zulfikar Taher yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut turut memberikan arahan kepada peserta. Menurutnya, wartawan sebagai pilar keempat demokrasi harus memiliki motto “Takut Menjadi Orang Penakut”.

“Artinya kita berani itu dengan perhitungan karena kita bekerja dengan ilmu dan pena kita,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan beberapa hal yang perlu dimiliki oleh wartawan. “Pertama harus memiliki poin ilmu pengetahuan, yang kedua attitude dalam mencari informasi supaya tidak terjadi benturan-benturan, dan yang ketiga skilldalam memahami produk jurnalistik apakah itu berita, opini, tajuk rencana dan lainya harus kita pahami dimana perbedaan-perbedaannya,” paparnya.

“Termasuk dalam pembuatan berita, bagaimana kita menggali berita menggunakan rumusan 5 W 1 H semua harus terstruktur,” lanjut Sekjen DPP PWRI itu.

Ketua LH DPP PWRI M. Tomy Ali Sihite

Ketua LH DPP PWRI, M. Tomy Ali Sihite yang turut hadir dalam acara menyampaikan, “Saya ucapkan selamat dan sukses kepada pengurus DPC PWRI Kota Depok yang baru terpilih, wartawan itu tidak perlu otoriter harus saling rangkul, kita harus menerima dan merangkul ide-ide teman-teman wartawan,” ungkapnya.

“Insyaallah pada Munas PWRI nanti akan kita gelar di Ancol dan pendukung yang paling kita harapkan dari DPC PWRI Kota Depok,” ujarnya lagi.

“Saya sebagai Sekretaris di acara Munas besok supaya kita bisa bersinergi, harapan Ketua Umum ketika nanti kita melaksanakan Munas agar bisa kesediaannya datang dan bisa turut mensukseskan Munas. Terakhir saya berharap rekan-rekan wartawan agar melakukan langkah kita sesuai dengan Undang-undang No 40 Tahun 1999 agar kita tidak salah melangkah, supaya dapat melakukan fungsi kontrol dengan baik,” pungkasnya. (Muhammad Rezki)

BACA JUGA :  Polsek Pancoran Mas Depok Amankan Natal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here