mediadepok.id – Drs.H.Sofyan Murthado,Msc., Seorang tokoh Betawi yang akrab di panggil bang Piyan pada saat ini mengatakan untuk meningkatkan kehidupan ekonomi warga Betawi asli, dirinya sedang menerapkan sistem Amal Produktif yang merupakan suatu cara bagi dirinya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di era millenial saat ini, khususnya bagi kalangan warga asli betawi di lingkungan tempat tinggalnya, Depok, (15/8)
Ditemui oleh Pimpinan Redaksi mediadepok.id Budi Jaya S.Pd.I di kediaman Bang Piyan di daerah Cipayung Depok (14/08) dengan diselingi makan gado gado yang merupakan makanan kas betawi. bang Piyan mengatakan, bahwa Ekonomi Kerakyatan untuk warga betawi dapat di tingkatkan dengan mengedepankan semua kekuatan dari berbagai aspekĀ  dan bidang, agar warga betawi dapat bertahan di era globalisaasi pada saat ini. dengan tidak meninggalkan ciri khas dan Adat Istiadat Orang Betawi. Salah satunya aspek yang harus di munculkan adalah Kekuatan Sosial,” ujar bang Piyan.
“Menurut bang Piyan orang betawi yang cukup kehidupan secara ekonomi di lingkungan dimana mereka tinggal wajib mengajak orang Betawi yang kurang mampu, secara ekonomi untuk usaha agar dapat meningkatkan kehidupan perekonomian orang betawi tersebut. dan nanti apabila orang tersebut sudah mampu maka mereka harus mengajak lagi orang betawi lainnya yang kurang mampu lagi untuk berusaha apapun bidang usaha nya,” lanjutnya.
“Selain itu Kekuatan budaya juga harus tetap di jaga agar kerukunan antar warga Betawi asli dapat terjaga, karena itu salah satu kunci dalam mempertahankan masyarakat betawi pada saat ini, harua meningkatkan ekonomi kerakyatan,” katanya.
Bang Piyan mengatakan, ciri khas orang betawi dalam berbicara itu ceplas-ceplos, menurut dia ceplas-ceplos itu bukan asal goblek dan ngelantur, artinya apa yang ditanyakan oleh orang lain bisa langsung di jawab dan jawaban itu benar adanya.Bang Piyan yang juga merupakan salah satu pengurus dari FORUM JIBANG (Kajian dan Pengembangan) Setu Babakan mengatakan, bahwa adat isiadat dan budaya betawi itu harus di pertahankan dan di lestarikan agar dapat di kenal di mata nasional dan internasional,” tutupnya. (Budi Jaya).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here